Download Disini : http://www.ziddu.com/download/13321463/KurikulumBiologiSMA.doc.html
Kurikulum Biologi Kelas VII
Standar Kompetensi 1 :
Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar :
1. Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik
2. Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan
3. Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam
Standar Kompetensi 2 :
Memahami keanekaragaman makhluk hidup
Kompetensi Dasar :
1. Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
2. Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
3. Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme
Standar Kompetensi 3 :
Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem
Kompetensi Dasar :
1. Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem
2. Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman mahluk hidup dalam pelestarian ekosistem
3. Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan
4. Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
Kurikulum Biologi Kelas VIII
Standar Kompetensi 1 :
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusiaKompetensi Dasar :
1. Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
2. Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia
3. Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
4. Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan
5. Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
6. Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
Standar Kompetensi 2 :
Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan
Kompetensi Dasar :
1. Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
2. Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau
3. Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan
4. Mengidentifikasi hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
Kurikulum Biologi Kelas IX
Standar Kompetensi 1 :
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
Kompetensi Dasar :
1. Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
2. Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia
3. Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
Standar Kompetensi 2 :
Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup
Kompetensi Dasar :
1. Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleksi alam, dan perkembangbiakan
2. Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup
3. Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya.
4. Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
Friday, July 25, 2008
Latar Belakang SK Biologi SMA/MA
Standar Kompetensi - Kompetensi Dasar KurikulumTingkat Satuan Pendidikan (K T S P ) Mata Pelajaran Biologi untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) /Madrasah Aliyah (MA)
A. Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu (inquiry) tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya sebagai penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA di sekolah menengah diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan IPA menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar peserta didik menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk mencari tahu dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang dirinya sendiri dan alam sekitar.
Biologi sebagai salah satu bidang IPA menyediakan berbagai pengalaman belajar untuk memahami konsep dan proses sains. Keterampilan proses ini meliputi keterampilan mengamati, mengajukan hipotesis, menggunakan alat dan bahan secara baik dan benar dengan selalu mempertimbangkan keamanan dan keselamatan kerja, mengajukan pertanyaan, menggolongkan dan menafsirkan data, serta mengkomunikasikan hasil temuan secara lisan atau tertulis, menggali dan memilah informasi faktual yang relevan untuk menguji gagasan-gagasan atau memecahkan masalah sehari-hari.
Mata pelajaran Biologi dikembangkan melalui kemampuan berpikir analitis, induktif, dan deduktif untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peristiwa alam sekitar. Penyelesaian masalah yang bersifat kualitatif dan kuantitatif dilakukan dengan menggunakan pemahaman dalam bidang matematika, fisika, kimia dan pengetahuan pendukung lainnya.
B. Tujuan
Mata pelajaran Biologi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1. Membentuk sikap positif terhadap biologi dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa
2. Memupuk sikap ilmiah yaitu jujur, objektif, terbuka, ulet, kritis dan dapat bekerjasama dengan orang lain
3. Mengembangkan pengalaman untuk dapat mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan, serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis
4. Mengembangkan kemampuan berpikir analitis, induktif, dan deduktif dengan menggunakan konsep dan prinsip biologi
5. Mengembangkan penguasaan konsep dan prinsip biologi dan saling keterkaitannya dengan IPA lainnya serta mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri
6. Menerapkan konsep dan prinsip biologi untuk menghasilkan karya teknologi sederhana yang berkaitan dengan kebutuhan manusia
7. Meningkatkan kesadaran dan berperan serta dalam menjaga kelestarian lingkungan.
C. Ruang Lingkup
Mata pelajaran Biologi di SMA / MA merupakan kelanjutan IPA di SMP/MTs yang menekankan pada fenomena alam dan penerapannya yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Hakikat biologi, keanekaragaman hayati dan pengelompokan makhluk hidup, hubungan antarkomponen ekosistem, perubahan materi dan energi, peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
2. Organisasi seluler, struktur jaringan, struktur dan fungsi organ tumbuhan, hewan dan manusia serta penerapannya dalam konteks sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat
3. Proses yang terjadi pada tumbuhan, proses metabolisme, hereditas, evolusi, bioteknologi dan implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat.
Sumber: http://aansma11.blogspot.com/2007/06/ktsp-biologi-smama.html
SK dan KD Biologi SMA/MA..
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Biologi SMA/MA
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu 1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
1.2 Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma)
2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup 2.1 Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan
2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan
2.3 Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista, dan peranannya bagi kehidupan
2.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati 3.1 Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan
3.2 Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam
3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan
4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem 4.1 Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan
4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan
4.3 Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah
4.4 Membuat produk daur ulang limbah
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan 1.1 Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
1.2 Mengidentifikasi organela sel tumbuhan dan hewan
1.3 Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis)
2. Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan, serta penerapannya dalam konteks Salingtemas 2.1 Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan
2.2 Mendeskripsikan struktur jaringan hewan Vertebrata dan mengaitkannya dengan fungsinya
3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas 3.1 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia
3.2 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan dan/atau penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas 3.3 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia)
3.4 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan hewan (misalnya burung)
3.5 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia dan hewan (misalnya pada ikan dan serangga)
3.6 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan)
3.7 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, kehamilan, dan pemberian ASI, serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia
3.8 Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan 1.1 Merencanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
1.2 Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
1.1 Mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
2. Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme 2.1 Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme
2.2 Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat
2.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan protein
3. Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada Salingtemas 3.1 Menjelaskan konsep gen, DNA, dan kromosom
3.2 Menjelaskan hubungan gen (DNA)-RNA-polipeptida dan proses sintesis protein
3.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat
3.4 Menerapkan prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat
3.5 Menjelaskan peristiwa mutasi dan implikasinya dalam Salingtemas
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
4. Memahami teori evolusi serta implikasinya pada Salingtemas 4.1 Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
4.2 Mengkomunikasikan hasil studi evolusi biologi
4.3 Mendeskripsikan kecenderungan baru tentang teori evolusi
5. Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada Salingtemas 5.1 Menjelaskan arti, prinsip dasar, dan jenis-jenis bioteknologi
5.2 Menjelaskan dan menganalisis peran bioteknologi serta implikasi hasil-hasil bioteknologi pada Salingtemas
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Sumber: http://aansma11.blogspot.com/2007/06/ktsp-biologi-smama.html
P
No. Materi Kompetensi yang Diujikan Bentuk Penilaian
1 Keanekaragaman hayati - Mampu menentukan variasi pada tingkat yang berbeda dan mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan sistem tertentu Tes tertulis dan praktek
2 Virus dan monera - Menjelaskan struktur tubuh, reproduksi maupun peranan virus dan monera Tes tertulis
3 Tumbuhan ganggang, lumut dan tumbuhan paku - Menentukan ciri, reproduksi dan peranan dari ganggang, lumut, tumbuhan paku Tes tertulis
4 Invertebrata - Menjelaskan ciri, reproduksi dan peranan dari protozoa, porifera, coelenterata, cacing, moluska dan ekinodermata Tes tertulis
5 Jamur - Menjelaskan ciri, reproduksi dan peranan dari zygomicotina, ascomycotina, basidiomicotina dan deuteromicotina Tes tertulis
6 Ekologi - Memahami prinsip ekologi, interaksi antar komponen dari tingkat individu sampai tingkat bioma dan perkembangan ekosistem Tes tertulis
7 Aksi interaksi - Menjelaskan prinsip dan pola interaksi yang melibatkan faktor biotik, abiotik, rantai makanan, aliran energi dan siklus biogeokimia dalam ekosistem Tes tertulis
8 Lingkungan - Menerapkan prinsip etika lingkungan untuk menjaga keseimbangan lingkungan Tes tertulis
9 Pelestarian sumber daya alam hayati - Menjelaskan cara melestarikan sumber daya alam hayati Tes tertulis
10 Struktur hewan - Memahami struktur hewan dari jaringan, organ sampai sistem organ Tes tertulis
11 Struktur tumbuhan - Memahami struktur fungsi jaringan tumbuhan dan mengkomunikasi hasil pengamatan tentang jaringan dan organ Tes tertulis
12 Pertumbuhan dan perkembangan - Mampu menjelaskan proses pertumbuhan dan perkembangan disertai faktor yang mempengaruhinya Tes tertulis
13 Gerak pada tumbuhan - Memahami berbagai macam gerak tumbuhan dan penyebabnya Tes tertulis
14 Mekanisme gerak pada vertebrata - Menjelaskan mekanisme gerak pada hewan vertebrata Tes tertulis
No. Materi Kompetensi yang Diujikan Bentuk Penilaian
15 Transportasi pada tumbuhan - Memahami pengangkutan bahan pada tumbuhan melalui difusi, osmosis dan transpor aktif Tes tertulis
16 Sistem sirkulasi pada hewan dan manusia - Memahami alat, proses dan sirkulasi pada manusia atau hewan, serta kelainan pada sistem sirkulasi manusia Tes tertulis
17 Sistem percernaan makanan - Menjelaskan fungsi zat makanan dan proses pencernaan makanan pada manusia dan hewan, serta gangguan pada sistem pencernaan manusia Tes tertulis dan praktek
18 Sistem pernapasan - Menjelaskan alat respirasi, proses dan gangguan pada sistem respirasi Tes tertulis
19 Sistem ekskresi - Menjelaskan alat, proses, dan gangguan pada sistem ekskresi Tes tertulis
20 Sistem koordinasi - Menjelaskan struktur fungsi alat, proses dan gangguan pada sistem saraf, indera dan endokrin Tes tertulis
21 Sistem Reproduksi - Menjelaskan struktur dan fungsi alat, serta proses reproduksi pada tumbuhan biji dan mamalia Tes tertulis
22 Pemencaran organisme - Menentukan hubungan antara struktur alat pemencaran dan penyebab pemencaran pada tumbuhan Tes tertulis
23 Sel - Memahami struktur dan fungsi bagian-bagian sel Tes tertulis
24 Reproduksi sel - Memahami proses mitosis dan meiosis Tes tertulis
25 Metabolisme - Memahami tahapan-tahapan dalam proses metabolisme Tes tertulis dan praktek
26 Substansi genetika - Mendeskripsikan struktur dan fungsi substansi genetik Tes tertulis
27 Pola-pola hereditas dan Hereditas pada manusia - Menerapkan prinsip pola-pola hereditas pada kasus yang diberikan baik pada tumbuhan, hewan atau manusia Tes tertulis
28 Mutasi - Memahami penyebab, akibat dan macam mutasi Tes tertulis
29 Asal usul kehidupan - Memahami asal usul kehidupan berdasarkan evolusi biologi dan evolusi kimia Tes tertulis
30 Evolusi - Menjelaskan fenomena evolusi, mekanisme evolusi dan petunjuk adanya evolusi Tes tertulis
31 Biogeografi - Menghubungkan daerah sebaran organisme dengan organisme yang ada Tes tertulis
32 Upaya manusia dalam pengembangan sumber daya alam hayati - Memahami usaha manusia dalam pengembangan tanaman dan hewan untuk meningkatkan pemanfaatannya dan pelestarian sumber daya alam hayati Tes tertulis
33 Bioteknologi - Memahami proses bioteknologi beserta keuntungan dan kerugiannya Tes tertulis
B I O L O G I
SMP Nasional Kontraktor Production Sharing (KPS) Balikpapan
MENGUJI KARBOHIDRAT PADA TANAMAN
Siswa secara berkelompok melakukan kegiatan menutup sebagian daun dengan kertas timah/aluminium foil/kertas karbon untuk menghalangi sinar matahari agar tanaman tidak melakukan fotosintesis.
Siswa sedang menutup sebagian daun pada beberapa tanaman
Kurikulum Biologi Kelas IX
Standar Kompetensi 1 :
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia
Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
Standar Kompetensi 2 :
Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup
Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi.
Kurikulum Biologi Kelas VIII
Standar Kompetensi 1 :
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
Kompetensi Dasar :
1.Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
2.Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia
3.Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
4.Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan
5.Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
6.Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
Standar Kompetensi 2
Kurikulum Biologi Kelas VII
Standar Kompetensi 1 :
Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar :
1. Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik
2. Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan
3. Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam
Standar Kompetensi 2 :
Memahami keanekaragaman makhluk hidup
Kompetensi Dasar :
1. Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
2.Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya.
http://riyaandriyani-unindra4.blogspot.com/2008/03/kurikulum-biologi-sma.html
Sabtu, 22 Maret 2008
kurikulum biologi SMA
Kelas : XI
Standar Kompetensi : 1. Siswa mampu menginterpretasi organisasi seluler serta mengkaitkan struktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia serta penerapannya dalam konteks sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat..
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok
1.1 Mendeskripsikan struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan. • Membandingkan hasil penampakan sel dan bagian-bagiannya berdasarkan pengamatan di bawah mikroskop cahaya dengan gambar/foto pada literatur.
• Mengukur diameter sel serta terbiasa menggunakan unit pengukuran pada kajian tentang sel (milimeter, mikrometer, nanometer) (*).
• Mendeskripsikan dan menginterpretasi gambar atau foto sel hewan dan tumbuhan tertentu seperti yang terlihat pada mikroskop elektron, mengenali membran plasma dan organela: retikulum endoplasma, badan golgi, mitokondria, ribosom, lisosom, khloroplas, sentriol, nukleus, dan nukleolus.
• Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis dan eksositosis).
• Membuat bagan fungsi sistem membran dan organela.
• Membuat model bagian tertentu dari sel (*). • Struktur dan fungsi sel serta jaringan pada tumbuhan dan hewan
1.2 Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. • Membedakan berbagai jaringan (epidermis, kolenkim, sklerenkim, parenkim, xilem, floem dan kambium) penyusun organ tumbuhan.
• Menunjukkan letak epidermis, korteks, dan stele (silinder pusat).
• Mendeskripsikan fungsi masing-masing jaringan tumbuhan.
• Menggunakan pengetahuan yang diperoleh tentang jaringan pada situasi baru atau pemecahan masalah seperti pembudidayaan tanaman langka melalui perbanyakan dengan biji, stek, dan cangkok.
1.3 Mendeskripsikan struktur dan fungsi jaringan hewan. • Membedakan berbagai jaringan (epitel, otot, tulang, saraf dan ikat) pembentuk organ hewan.
• Menjelaskan fungsi masing-masing jaringan pada hewan.
• Menggunakan pengetahuan yang diperoleh tentang jaringan pada situasi baru atau pemecahan masalah seperti penggunaan transnplantasi kulit untuk penyembuhan luka bakar.
Standar Kompetensi : 2. Siswa mampu menganalisis sistem organ pada organisme tertentu serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat (Salingtemas).
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok
2.1 Mengkaitkan struktur, fungsi, proses dan kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia. • Mengidentifikasi struktur, fungsi dan proses sistem gerak (tulang, otot) pada manusia
• Mengkaitkan struktur (tulang, otot), fungsi dan proses sistem gerak (tulang, otot) pada manusia.
• Menjelaskan struktur, fungsi dan proses sistem gerak (tulang, otot) pada manusia.
• Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem gerak.
• Memberi contoh teknologi yang berhubungan dengan kelainan yang terjadi pada sistem gerak. • Sistem gerak (tulang, otot, sendi)
2.2 Mengkaitkan struktur, fungsi, proses dan kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah manusia dan hewan. • Mengidentifikasi struktur, fungsi dan proses sistem peredaran darah pada manusia dan hewan tertentu.
• Menjelaskan struktur, fungsi dan proses sistem peredaran darah (jantung, pembuluh darah, komponen, dan fungsi darah) pada manusia dan hewan tertentu.
• Mengkaitkan struktur, fungsi dan proses sistem peredaran darah pada manusia dan hewan tertentu.
• Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem peredaran darah manusia dan hewan tertentu.
• Memberi contoh teknologi yang berhubungan dengan kelainan yang terjadi pada sistem peredaran darah. • Sistem peredaran darah (jantung, pembuluh darah, komponen darah)
2.3 Mengkaitkan struktur, fungsi, proses dan kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan tertentu. • Mengidentifikasi struktur, fungsi dan proses sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan tertentu.
• Mengkaitkan struktur, fungsi dan proses sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan tertentu.
• Menjelaskan struktur, fungsi dan proses sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan tertentu.
• Membedakan antara sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan tertentu.
• Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem pencernaan makanan.
• Memberi contoh teknologi yang berhubungan dengan kelainan yang terjadi pada sistem pencernaan makanan.
• Memahami jenis dan kandungan makanan bergizi.
• Menganalisis variasi dan komposisi makanan yang dikonsumsi selama periode tertentu dan menyusun menu seimbang untuk dirinya. • Sistem pencernaan makanan (gigi, lambung, usus halus, usus besar)
• Proses penyerapan
zat makanan
• Zat aditif
• Pencernaan ruminansia
2.4 Mengkaitkan struktur, fungsi, proses dan kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem respirasi manusia dan hewan tertentu • Mengidentifikasi struktur, fungsi dan proses sistem respirasi pada manusia.
• Mengkaitkan struktur, fungsi dan proses sistem respirasi pada manusia.
• Menjelaskan struktur, fungsi dan proses sistem respirasi pada manusia.
• Membandingkan struktur, fungsi dan proses sistem respirasi pada manusia dan ikan.
• Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem respirasi.
• Memberi contoh teknologi yang berhubungan dengan kelainan yang terjadi pada sistem respirasi. Sistem respirasi (internal dan eksternal, alveolus, pertukaran gas, bahaya rokok dan pembakaran tak sempurna)
2.5 Mengkaitkan struktur, fungsi, proses dan kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi manusia dan hewan tertentu. • Mengidentifikasi struktur, fungsi dan proses sistem ekskresi pada manusia.
• Mengkaitkan struktur, fungsi dan proses sistem ekskresi pada manusia.
• Menjelaskan struktur, fungsi dan proses sistem ekskresi pada manusia.
• Membandingkan struktur, fungsi dan proses sistem eksresi pada manusia, belalang dan cacing tanah.
• Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem ekskresi.
• Memberi contoh teknologi penanggulangan akibat kelainan yang terjadi pada sistem ekskresi. • Sistem eksresi
2.6 Mengkaitkan struktur, fungsi, proses dan kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem koordinasi (saraf, endokrin, indera) pada manusia dan hewan tertentu • Mengidentifikasi struktur, fungsi dan proses sistem koordinasi pada manusia.
• Mengkaitkan struktur, fungsi dan proses sistem koordinasi pada manusia.
• Menjelaskan struktur, fungsi dan proses sistem koordinasi pada manusia.
• Membandingkan struktur, fungsi dan proses pada sistem saraf pada manusia dan cacing pipih.
• Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem koordinasi pada manusia.
• Memberi contoh teknologi yang berhubungan dengan kelainan yang terjadi pada koordinasi. • Sistem koordinasi dan indera (mata dan telinga)
2.7 Mengkaitkan struktur, fungsi, proses dan kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi organisme • Mengidentifikasi struktur, fungsi dan proses reproduksi pada tumbuhan
• Mengidentifikasi struktur, fungsi dan proses reproduksi pada manusia.
• Mengkaitkan struktur, fungsi dan proses sistem reproduksi pada manusia.
• Menjelaskan struktur, fungsi dan proses sistem reproduksi pada manusia.
• Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem reproduksi.
• Memberi contoh teknologi yang berhubungan dengan kelainan yang terjadi pada sistem reproduksi. • Sistem reproduksi manusia (menstruasi, fertilisasi, kehamilan, kesehatan reproduksi, ASI)
Kelas : XII
Standar Kompetensi : 1. Siswa mampu merencanakan dan melaksanakan percobaan berkaitan dengan proses yang terjadi pada tumbuhan serta implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat (Salingtemas).
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok
1.1 Merencanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan. • Mengumpulkan informasi faktor-faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan.
• Merumuskan masalah dan membuat hipotesis.
• Merancang berbagai perlakuan dalam percobaan. • Pertumbuhan dan perkembangan
1.2 Melaksanakan percobaaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan. • Menyiapkan bahan dan perlakuan.
• Memberikan perlakuan dan mengukur hasil perlakuan.
• Mencatat kondisi lingkungan perlakuan.
• Mengumpulkan data dan menganalisis dalam tabel dan grafik.
1.3 Mengkomunikasikan hasil percobaan pertumbuhan • Menyiapkan hasil-hasil percobaan.
• Mengkomunikasikan hasil percobaan dalam bentuk lisan dan tulisan.
• Mengkomunikasikan faktor luar yang memperngaruhi pertumbuhan biji
Standar Kompetensi : 2. Siswa mampu menganalisis proses metabolisme organisme dan implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat (salingtemas)
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok
2.1 Menguraikan proses-proses katabolisme karbohidrat. • Mengidentifikasi enzim-enzim yang berperan dalam katabolisme gula.
• Menjelaskan proses-proses enzimatis pada katabolisme gula.
• Mengidentifikasi hasil-hasil katabolisme pati. • Proses katabolisme gula
2.2 Menguraikan proses–proses anabolisme karbohidrat • Mengidentifikasi enzim-enzim yang berperan pada anabolisme karbohidrat.
• Menjelaskan proses-proses enzimatis pada anabolisme karbohidrat.
• Mengidentifikasi hasil-hasil anabolisme karbohidrat. • Proses anabolisme karbohidrat
2.3 Mengkaitkan proses katabolisme dan anabolisme pada rantai karbohidrat. • Membuat carta anabolisme dan katabolisme karbohidrat.
• Mendeskripsikan proses anabolisme dan katabolisme pada carta yang dibuat. • Keterkaitan proses katabolisme dan anabolisme
2.4 Mengkaitkan proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan metabolisme protein • Membuat diagram keterkaitan antara metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein
• Menjelaskan penyebab lemak menghasilkan energi lebih besar dibanding dengan dari karbohidrat dan protein untuk jumlah berat yang sama.
• Menjelaskan penyebab protein menghasilkan energi setara dengan karbohidrat untuk jumlah berat yang sama • Keterkaitan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein
2.5 Mengumpulkan informasi teknologi yang berkaitan dengan metabolisme makanan. • Mengumpulkan informasi mengenai teknologi makanan berkadar gula rendah.
• Mengumpulkan informasi mengenai teknologi pengawetan makanan berkaitan dengan perolehan sumber makanan utama (karbohidrat, lipida, dan protein) yang berkualitas tinggi.
• Mengumpulkan informasi tentang teknologi substitusi energi dari produk pengolahan makanan seperti tablet makanan, cairan infus dan seterusnya.
• Mengembangkan teknologi sederhana pengolahan makanan/bahan makanan higienis dan berkualitas tinggi. • Teknologi yang berkaitan dengan metabolisme
Standar Kompetensi : 3. Siswa mampu memahami konsep dasar hereditas serta implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat (salingtemas)
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok
3.1 Mengkaitkan hubungan antara DNA, gen, dan kromosom • Mendeskripsikan struktur heliks ganda DNA serta sifat dan fungsinya
• Mendeskripsikan struktur, sifat, dan fungsi RNA.
• Mendiskripsikan sintesis protein.
• Mendeskripsikan hubungan antara DNA, gen, dan kromosom DNA, gen, kromosam dan keterkaitannya
3..2 Mengkaitkan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat. • Mendeskripsikan pemahaman tentang pembelahan mitosis dan meiosis.
• Mendeskripsikan fase-fase pembelahan dan tempat terjadinya mitosis dan meiosis menurut literatur.
• Menghubungkan pembelahan mitosis dan meiosis pada pewarisan sifat. Pembelahan Mitosis dan Meiosis serta Pewarisan Sifat
3.3 Menerapkan hukum-hukum hereditas dengan mekanisme pewarisan sifat • Menerapkan prinsip pewarisan sifat menurut hukum Mendel.
• Menjelaskan pola khas hereditas (penyimpangan semu, tautan, pindah silang, gagal berpisah dengan lethal, sistem ABO dan terpaut seks kromosom).
• Menjelaskan mekanisme perbaikan mutu genetik.
• Mengkomunikasikan cara menghindari penyakit menurun pada masyarakat.
• Menerapkan konsep pewarisan sifat untuk memperoleh strain organisme unggul Hukum Hereditas, Penerapan serta implikasinya
3.4 Menjelaskan peristiwa mutasi. • Mengidentifikasi macam-macam mutasi kromosom dengan adanya perubahan jumlah, struktur atau urutan susunan DNA pada kromosom.
• Menghubungkan antara faktor penyebab mutasi dengan macam mutasi yang terjadi.
• Membedakan antara mutasi alam dengan mutasi buatan.
• Mengkaji dampak dan keuntungan mutasi bagi makhluk hidup lain dan manusia. Mutasi
Standar Kompetensi : 4. Siswa mampu mendemonstrasikan pemahaman teori evolusi serta implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat (salingtemas).
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok
4.1. Mendemonstrasikan pemahaman tentang teori evolusi biologi. • Menunjukkan fakta-fakta yang mendukung penerimaan teori evolusi biologi
• Mendeskripsikan sejumlah faktor yang dianggap berpengaruh terhadap berlangsungnya proses evolusi.
• Mengaitkan hubungan antara waktu dengan perubahan sifat organisme
• Menjelaskan kaitan mutasi dengan proses evolusi.
• Menghitung frekuensi gen dalam suatu populasi dengan menggunakan hukum Hardy-Weinberg. Teori Evolusi dan implikasinya pada perkembangan sains
4.2 Mengumpulkan informasi ilmiah berkaitan dengan teori evolusi. • Membuat laporan hasil studi tentang fosil yang diamati di musium/situs temuan fosil atau melalui gambar.
• Mengkomunikasikan secara lisan/tertulis hasil pengumpulan informasi dan pengamatan.
• Menjelaskan berbagai teori asal-usul kehidupan di bumi
• Mengumpulkan informasi berkenaan dengan tanggapan terhadap keberadaan serta implikasi teori evolusi pada kehidupan masyarakat.
Standar Kompetensi : 5. Siswa mampu mengidentifikasi prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada sains, lingkungan , teknologi, dan masyarakat
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pokok
5.1 Mendeskripsikan prinsip-prinsip bioteknologi dan penerapannya. • Menjelaskan peran sifat–sifat organisme dalam proses bioteknologi.
• Menjelaskan kemampuan proses-proses rekayasa dalam memanipulasi sifat organisme. Prinsip Dasar Bioteknologi
5..2 Mendeskripsikan implikasi bioteknologi pada sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat. • Menjelaskan manfaat dan bahaya bioteknologi bagi kehidupan.
• Memberi contoh-contoh penerapan bioteknologi yang berpengaruh pada pengembangan bahan pangan, sandang, bidang medis
• Memberi contoh dampak bioteknologi pada perbaikan dan perusakan lingkungan
• Merumuskan tindakan-tindakan yang dilakukan untuk mencegah dampak negatif bioteknologi dimasa yang akan datang.
• Melakukan kegiatan implementasi bioteknologi Implikasi Bioteknologi pada Sains, Lingkungan, Teknologi, dan Masyarakat.
No comments:
Post a Comment