clicksor

Clicksor

Sunday, January 9, 2011

Ekosistem

Download Disini : http://www.ziddu.com/download/13321371/Ekosistem.doc.html

Suatu ekosistem (atau sistem ekologi) adalah kumpulan organisme masyarakat dan lingkungan dimana mereka tinggal. Ecosystems can vary greatly in size. Ekosistem dapat sangat bervariasi dalam ukuran. Some examples of small ecosystems are tidal pools, a home garden, or the stomach of an individual cow. Beberapa contoh ekosistem kecil kolam pasang surut, taman rumah, atau perut sapi individu. Larger ecosystems might encompass lakes, agricultural fields, or stands of forests. ekosistem yang lebih besar dapat meliputi danau, ladang pertanian, atau berdiri hutan. Landscape-scale ecosystems encompass larger regions, and may include different terrestrial (land) and aquatic (water) communities. Landscape skala ekosistem meliputi daerah yang lebih besar, dan mungkin termasuk berbeda terestrial (tanah) dan air (air) masyarakat. Ultimately, all of Earth's life and its physical environment could be considered to represent an entire ecosystem, known as the biosphere. Pada akhirnya, semua kehidupan bumi dan lingkungan fisik yang bisa dianggap mewakili seluruh ekosistem, yang dikenal sebagai biosfer.
Ecologists often invent boundaries for ecosystems, depending on the particular needs of their work. Ekologi sering menciptakan batas-batas untuk ekosistem, tergantung pada kebutuhan khusus dari pekerjaan mereka. (Ecologists are scientists who study the relationships of organisms with their living and nonliving environments.) For example, depending on the specific interests of an ecologist, an ecosystem might be defined as the shoreline vegetation around a lake, or the entire lake itself, or the lake plus all the land around it. (Ekologi adalah ilmuwan yang mempelajari hubungan organisme dengan hidup mereka dan lingkungan tak hidup.) Sebagai contoh, tergantung pada kepentingan spesifik suatu ekologi, ekosistem mungkin didefinisikan sebagai vegetasi pantai sekitar danau, atau seluruh danau itu sendiri, atau danau ditambah seluruh tanah di sekitarnya. Because all of these units consist of organisms and their environment, they can properly be considered to be ecosystems. Karena semua unit-unit ini terdiri dari organisme dan lingkungan mereka, mereka benar dapat dianggap ekosistem.
The raw materials of an ecosystem Bahan-bahan mentah ekosistem
All ecosystems have a few basic characteristics in common. Semua ekosistem memiliki beberapa karakteristik dasar yang sama. They use energy (usually provided by sunlight) to build complex chemical compounds out of simple materials. Mereka menggunakan energi (biasanya diberikan oleh sinar matahari) untuk membangun senyawa kimia yang kompleks dari bahan sederhana. At the level of plants, for example, carbon dioxide and water vapor are combined with the energy of sunlight to produce complex carbohydrates, such as starches (this process is known as photosynthesis). Pada tingkat tanaman, misalnya, karbon dioksida dan uap air digabungkan dengan energi sinar matahari untuk menghasilkan karbohidrat kompleks, seperti pati (proses ini dikenal sebagai fotosintesis). As plants (producers) are consumed by other organisms, more complex substances are manufactured in their bodies, and energy is passed upward through the food web. Sebagai tanaman (produsen) yang dikonsumsi oleh organisme lain, zat yang lebih kompleks yang diproduksi di tubuh mereka, dan energi dilewatkan ke atas melalui web makanan.
The flow of energy in an ecosystem occurs in only one direction: it is always consumed by higher levels of organisms in a food web. Aliran energi dalam ekosistem terjadi hanya dalam satu arah: selalu dikonsumsi oleh organisme tingkat yang lebih tinggi dalam jaring makanan. As a result, each level of a food web contains less energy than the levels below it. Akibatnya, masing-masing tingkat web makanan mengandung energi lebih sedikit daripada tingkat di bawahnya. By contrast, nutrients can flow in any direction in an ecosystem. Sebaliknya, nutrisi dapat mengalir ke segala arah di suatu ekosistem. When plants and animals die, the compounds of which they are formed are decomposed by microorganisms (decomposers), returned to the environment, and are recycled for use again by other organisms. Jika tanaman dan hewan mati, senyawa yang mereka terbentuk diurai oleh mikroorganisme (dekomposer), kembali ke lingkungan, dan didaur ulang untuk digunakan kembali oleh organisme lain.
One of the greatest challenges facing humans and their civilization is to develop an understanding of the fundamentals of ecosystem organization, how they function and how they are structured. Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi manusia dan peradaban mereka adalah untuk mengembangkan pemahaman tentang dasar-dasar organisasi ekosistem, bagaimana mereka berfungsi dan bagaimana mereka terstruktur. This knowledge Pengetahuan ini

A freshwater ecosystem. (Reproduced by permission of Sebuah ekosistem air tawar. (Direproduksi dengan izin
The Gale Group Grup Gale
.) .)
is absolutely necessary if humans are to design systems that allow for the continued use of the products and services of ecosystems. mutlak diperlukan jika manusia adalah untuk merancang sistem yang memungkinkan untuk terus menggunakan produk dan layanan ekosistem. Humans are sustained by ecosystems, and no alternative to this relationship exists. Manusia ditopang oleh ekosistem, dan tidak ada alternatif untuk hubungan ini ada.


Read more: Ekosistem - manusia, contoh, tubuh, air, proses, Bumi, kehidupan, tanaman, kimia, karakteristik, energi, hewan, sistem, karbon, dasar http://translate.googleusercontent.com/translate_c?hl=id&langpair=en%7Cid&u=http://www.scienceclarified.com/Di-El/Ecosystem.html&rurl=translate.google.co.id&usg=ALkJrhgAacukSk0LdQyDcLXnnnAaLE3qZQ#ixzz195iSFjDD

http://www.google.co.id/imglanding?q=rantai+makanan+sederhana&um

LKS EKOSISTEM (KWADRAN) http://biologigonz.blogspot.com/search/label/LKS%20EKOSISTEM%20(KWADRAN)
Topik : Komponen Ekosistem dan Interaksi yang Terjadi di Dalamnya
Tujuan : siswa memahami komponen-komponen ekosistem dan mampu menganalisis interaksi yang terjadi antara komponen ekosistem tersebut.
Alat dan Bahan:
• Kuadran ukuran 1x1 m2
• Tali rafia
• Meteran
• Alat tulis
• Kertas
• Kaca pembesar
Langkah Kerja:
1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
2. Pergilah ke lingkungan sekitar sekolah dan sebarkan kuadran secara acak sebanyak 3 kali ulangan.
3. Amati tiap komponen ekosistem yang terdapat dalam masing-masing kuadran. Gunakan kaca pembesar untuk mengamati obyek yang tidak bisa diamati dengan mata telanjang.
4. Klasifikasikan komponen-komponen ekosistem yang telah kalian temukan ke dalam komponen biotik dan komponen abiotik.
5. Masukkan data yang telah kalian kumpulkan ke dalam tabel hasil pengamatan seperti di bawah ini!
No. Ulangan Komponen Ekosistem
Biotik Abiotik
1 Kuadran I
2 Kuadran II
3 Kuadran III
Bahan Diskusi
1. Dari komponen-komponen ekosistem yang telah kalian temukan, adakah interaksi yang terjadi di dalamnya? Jika ada jelaskan!
2. Bagaimana sifat interaksi yang terjadi antara komponen ekosistem tersebut? Menguntungkan atau merugikan?
3. Bagaimana tipe ekosistem yang kalian amati?
4. Cari tipe-tipe ekosistem yang lain dari literatur!
5. Jika salah satu komponen ekosistem mengalami gangguan atau bahkan musnah apa yang akan terjadi pada ekosistem tersebut? Coba analisis kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi!
6. Bagaimana solusi kalian untuk mengatasi ketidakseimbangan yang terjadi pada suatu ekosistem?
7. Presentasikan hasil pengamatan kalian di depan kelas!
Dari kegiatan di atas susunlah laporan hasil pengamatan dengan format sebagai berikut:
1. Judul
2. Rumusan masalah
3. Data hasil pengamatan
4. Analisis data
5. Pembahasan
6. Kesimpulan
SKL 1.3 :

Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.

1. Masing-masing makhluk hidup yang melakukan cara hidup bersama dengan organisme lain dalam hubungan yang erat disebut...........
a. simbion
b. predasi
c. mutualis
d. antibiotis

2. Berikut adalah bentuk simbiosis. Yang tidak termasuk merupakan bentuk simbiosis ialah...........
a. jamur dengan ganggang
b. ikan remora dengan ikan hiu
c. kucing dengan anjing
d. tali putri dengan tanaman beluntas

3. Cara hidup bersama antar 2 spesies yang berbeda dan makhluk hidup yang satu menghambat pertumbuhan makhluk hidup yang lain disebut................
a. simbiosis parasitisme
b. kompetisi
c. antibiosis
d. simbiosis komensalisme

4. Hubungan antara Myrmecodia echinata dengan semut merupakan bentuk................
a. simbiosis mutualisme
b. simbiosis komensalisme
c. antibiosis
d. kompetisi

5. Bentuk simbiosis antarorganisme berguna bagi manusia karena..................
a. memudahkan pekerjaan manusia.
b. membantu proses hidup manusia.
c. menghindarkan dari kerugian besar yang dapat ditimbulkan.
d. meningkatkan kualitas hidup.

6. Lingkungan tempat hidup suatu makhluk hidup disebut.............
a. habitat.
b. ekosistem.
c. komunitas.
d. lingkungan hidup.

7. Seluruh ekosistem di bumi membentuk satu kesatuan yang disebut..........
a. bioma.
b. geosfer.
c. biosfer.
d. komunitas.

8. Berikut merupakan pengelompokkan komponen biotik berdasarkan fungsinya, kecuali..........
a. produsen.
b. predator.
c. pengurai.
d. konsumen.

9. Ulat, belalang, sapi adalah contoh hewan yang memiliki jabatan/nisia ................ dalam ekosistem.
a. konsumen sekunder.
b. konsumen primer.
c. konsumen tersier.
d. konsumen pokok.

10. Pada malam hari tumbuhan akan...............
a. Mengambil oksigen dan mengeluarkan karbon monoksida.
b. Mengambil oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida.
c. Mengambil karbon dioksida mengeluarkan oksigen.
d. Mengambil karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen.





11. Perhatikan rantai makanan berikut !
Elang dalam rantai makanan berperan sebagai.............
a. konsumen I dan II.
b. konsumen I dan III.
c. konsumen II dan III.
d. .konsumen II dan IV

12. Proses memakan dan dimakan dalam urutan atau memilikiarah tertentu disebut...........
a. jaring makanan.
b. hubungan predasi.
c. siklus.
d. rantai makanan.

13. Dalam piramida makanan berlaku............
a. terjadi perpindahan energi dari makhluk hidup yang dimakan ke dalam
makhluk hidup pemakannya.
b. tidak terjadi perpindahan energi dari makhluk hidup yang dimakan ke dalam
makhluk hidup pemakannya.
c. jumlah zat dan energi yang berpindah sebesar makhluk hidup yang dimakan.
d. semakin ke atas, massa zat dan jumlah energi menjadi semakin besar.

14. Untuk menjamin terciptanya keseimbangan ekosistem, maka ............
a. jumlah produsen harus lebih banyak dari jumlah konsumen I.
b. jumlah produsen harus lebih sedikit dari jumlah konsumen I.
c. jumlah produsen harus lebih banyak dari konsumen tersier.
d. jumlah produsen harus lebih sedikit dari konsumen tersier.

15. Jamur saprofit hidup dengan melakukan...........
a. simbiosis parasitisme.
b. simbiosis komensalisme.
c. simbiosis mutualisme.
d. antibiosis.

16. Tumbuhan berpolong yang bersimbiosis secara mutualisme dengan bakteri
Rhizobium akan membentuk...............
a. bintil akar.
b. mikoriza.
c. tunas adventif.
d. rhizoma.

17. Berikut jaring makanan yang benar ialah...............
a. padi-tikus-elang-ular.
b. padi-belalang-ikan-burung elang
c. ulat-bebek-bakteri.
d. keju-tikus-kucing.

18. Piramida makanan bermanfaat untuk............
a. menentukan jumlah populasi dalam suatu ekosistem.
b. memperjelas pemahaman tentang keseimbangan ekosistem.
c. menjelaskan hubungan makan-memakan dalam ekosistem.
d. memprediksi terjadinya keseimbangan populasi dalam ekosistem.

19. Prinsip yang dimanfaatkan dalam dunia kedokteran ialah................
a. simbiosis.
b. kompetisi.
c. predasi.
d. antibiosis.

20. Unsur abiotik utama yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman ialah.....................
a. tanah.
b. cahaya.
c. air.
d. udara.

21. Simbiosis, kompetisi, dan predasi memiliki persamaan dalam hal................
a. memperbanyak jumlah keturunan.
b. mempertahankan kelangsungan hidup.
c. memenuhi kebutuhan makanan.
d. mengurangi jumlah dan jenis predator.

22. Produsen memperoleh bahan baku makanan dari................
a. hasil penguraian dekomposer.
b. mineral dalam tanah.
c. proses fotosintesis dalam tubuh.
d. bangkai hewan.

23. Organisme yang dapat menghasilkan bahan makanan sendiri disebut...............
a. organisme heterotrof.
b. organisme autotrof.
c. makhluk independent.
d. inang.

24. Predator dalam ekosistem ialah.......................
a. produsen.
b. hewan herbivora.
c. hewan karnivora
d. hewan omnivora.

25. Mikoriza merupakan................
a. hasil simbiosis tumbuhan berpolong dengan bakteri Rhizobium.
b. gabungan antara sel akar dan cendawan.
c. bakteri yang membawa kesuburan pada tanah.
d. zat penghasil nitrogen.

26. Ekosistem terdiri atas.................
a. komponen biotik dan dekomposer.
b. komponen biotik dan komponen abiotik.
c. komponen abiotik dan komponen abiotik.
d. komponen abiotik dan lingkungannya.

27. Dalam ekosistem, produsen, konsumen, dan pengurai berhubungan satu sama lain sehingga membentuk suatu..................
a. siklus.
b. rantai makanan.
c. piramida makanan.
d. grafik.

28. Perkawinan organisme dalam satu spesies merupakan contoh dari.................
a. interdependensi interspesies.
b. interdependensi antarspesies.
c. interdependensi antar sesame komponen abiotik.
d. interdependensi reproduksi.

29. Dalam proses fotosintesis, tumbuhan mengambil................
a. oksigen dan uap air.
b. amilum dan karbondioksida.
c. karbondioksida dan oksigen.
d. karbondioksida dan air.

30. Bakteri dan jamur termasuk dalam kategori..............
a. produsen.
b. konsumen.
c. dekomposer.
d. ganggang.

B. Essay

1. Jelaskan hubungan antara fotosintesis dan respirasi!
2. Jelaskan hubungan antara ikan remora dengan ikan hiu!
3. Jelaskan pola interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem!
4. Jelaskanlah pengaruh air terhadap tubuh manusia!
5. Buatlah tabel perbedaan antara simbiosis parasitisme dengan simbiosis mutualisme.

SKL. 1.4 :

Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, komponen ekosistem, serta interaksi makhluk hidup dalam lingkungan, pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
________________________________________
A. Pilihan ganda

Perhatikan pernyataan di bawah ini untuk menjawab pertanyaan 1-4!
1. Reduce
2. Reuse
3. Recycle
4. Replace

1. Ada seorang anak yang membawa sapu tangan setiap ia pergi. Sedangkan di sisi lain ada seorang temanya yang membawa tissue. Manakah yang lebih baik. Tentu saja anak yang membawa sapu tangan kemana ia pergi, karena ia telah melakukan….............
a. Reduce c. Recycle
b. Reuse d. Replace

2. Semua pernyataan di atas merupakan cara-cara manusia untuk mengatasi kerusakan lingkungan dengan program….......
a. Reduce c. Recycle
b. Reuse d. Replace

3. Pupuk sekarang dapat di buat dari kotoran binatang. Ini menandakan bahwa manusia sekarang telah melaksanakan pernyataan ...............…
a. Reduce c. Recycle
b. Reuse d. Replace

4. Pengambilan karbon dioksida pada tumbuhan dan mengeluarkan oksigen dan upa air yang sangat kita butuhkan, dapat termasuk dalam pernyataan…..................
a. Reduce c. Recycle
b. Reuse d. Replace

5. Organisme yang membantu menjernihkan air adalah........….
a. Algae c. Lumut
b. Ganggang d. Eceng gondok

6. Berikut ini yang tidak dapat menyebabkan pencemaran udara.......... …
a. mobil c. pesawat terbang
b. motor d. roket

7. Suatu zat yang menyebabkan pencemaran disebut .................…
a. polusi c. limbah
b. polutan d. sampah anorganik

8. Sampah yang mudah diurai disebut .................
a. sampah anorganik c. sampah kasar
b. sampah lembut d. sampah organic

9. Penyakit minamata merupakan penyakit yang disebabkan oleh limbah pabrik yang mengandung ........…
a. Air Raksa c. Timbal
b. Cadmium l d.Aluminium

10. Berikut ini yang tidak dapatr meneybabkan pencemaran udara adalah ............ …
a. CFC c. O2
b. asap d. CO

11. Go Green dilaksanakan untuk mengatasi ..........…
a. penghijauan c. pembuatan hutan
b. pembangunan yang padat d. global warming

12. Blooming algae terjadi akibat penggunaan …...........
a. pupuk buatan c. insektisida
b. pupuk kompos d. DDT

13. Pencemaran suara disebabkan oleh suara berkekuatan …........
a. lebih dari 55 dB c. kurang dari 80 dB
b. 80 dB atau lebih d. 55 dB

14. Efek rumah kaca terjadi karena ada banyak gas ….........
a. SO2 c. H2O
b. NO d. CO2

15. Hujan asam terjadi di daerah ….............
a. industri c. hutan
b. perumahan d. pegunungan

16. Hujan asam airnya bersifat asam karena selain air juga mengandung senyawa .............…
a. NO2 dan CO2 c. SO2 dan NO2
b. H2O dan SO2 d. CO2 dan H2O

17. Kegunaan lapisan ozon dalam atmosfer adalah untuk ...........…
a. mencegah terjadinya hujan asam
b. menghalangi sinar matahari ke bumi
c. menghalangi pemantulan panas ke bumi
d. mencegah radiasi sinar ultraviolet matahari

18. Karbon monoksida dalam jumlah besar bila diserap tubuh sangat mematikan, karena ...........…
a. Hb meningkat jumlahnya c. Hb banyak mengikat CO2
b. darah kekurangan oksigen d. darah tidak bekerja dengan baik

19. Berikut iniadalah zat yang tidak menyebabkan Global warming ................
a. H2O c. CO
b. CFC d. CO2

20. Yang merupakan tanaman gulma pada daerah perairan adalah …..........
a. semanggi c. tembakau
b. teratai d. eceng gondok

21. Global warming semakin cepat meningkat karena sebagian besar rumah di dunia menggunakan …........
a. kipas angin c. angin alami
b. AC d. solar cell

22. Alat yang tidak dapat digunakan untuk melindungin diri dari polusi udara adalah ..........…
a. tangan kosong c. tangan
b. masker d. lap

23. Berikut ini adalah kegatan yang tidak dapat menyebabkan Global warming............ …
a. Penggunaan efek rumah kaca
b. Penggunaan AC
c. Pengeluaran asap pabrik
d. Kegiatan reboisasi

24. Berikut ini yang tidak termasuk efek Pencemaran air adalah ......... …
a. banyak hewan mati c. blooming algae
b. air menjadi keruh d. air menjadi jernih

25. Penumpukan hara mineral yang sangat tinggi pada daerah perairan dapat menyebabkan ......…
a. tanah semakin cepat tererosi c. eutrofikasi
b.banyaknya ikan mati d. matinya tumbuhan air

26. Berikut ini yang tidak termasuk dampak limbah industri pada lingkungan adalah ................ …
a. pendangkalan perairan c. muncul bau tidak sedap
b. air kotor berubah warna d. air kaya akan hara mineral

27. Tumbuhan yang menyerap racun dan banyak dijumpai pada daerah pembuangan limbah pabrik adalah ...........
a. alang-alang
b. algae
c. ganggang
d. lumut

28. Faktor yang tidak menyebabkan Pencemaran tanah adalah ......... …
a. Penggunaan pupuk buatan tidak sesuai dosis
b. Penggunaan insektisida
c. Pembuangan sampah
d. Dialiri air waduk agar tidak gersang/tandus

29. Alat yang tidak dapat menyebakan Pencemaran suara adalah ...... …
a. pesawat
b. helikopter
c. mesin pabrik
d. sepeda

30. Di tempat yang banyak asap polutan orang dapat dengan mudah diserang penyakit …
a. masuk angin b. jamuran c. pernapasan d. minamata

B. Essay
1. Tuliskan proses terjadinya hujan asam dan apa akibatnya!
2. Tuliskan cara membersihkan dan menjernihkan menggunakan biji kelor!
3. Apa yang dimaksud dengan eutrofikasi?
4. Sebutkan dan jelaskan 3 alat transportasi yang menyebabkan pencemaran suara!
5. Apakah roket juga dapat menghasilkan polusi udara? Mengapa? Jelaskan!

SKL 1.6 :

Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, komponen ekosistem, serta interaksi makhluk hidup dalam lingkungan, pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
________________________________________

A. Pilihan ganda
1. Perhitungan Kepadatan penduduk dapat diketahui dari .............…
a. perbandingan antara kematian, kelahiran dan migrasi
b. perbandingan antara jumlah kelahiran dan kematian
c. perbandingan antara jumlah penduduk dengan luas daerah
d. perbandingan antara luas daerah dengan jumlah penduduk

2. Yang tidak termasuk factor Dinamika penduduk suatu negara adalah ......... …
a. kelahiran
b. kematian
c. migrasi
d. urbanisasi

3. Berikut ini yang tidak termasuk dampak dari penggunaan insektisida adalah …..........
a. pencemaran udara
b. resistensi hama
c. keracunan pada manusia
d. pencemaran organik perairan

4. Alice van Spitzberg merupakan warga Negara Venezia. Ia kemudian pindah ke Itali dan menetap disana. Perpindahan ini adalah …
a. imigrasi
b. urbanisasi
c. transmigrasi
d. remigrasi

5. Teori kependudukan Thomas Robert Malthus berbunyi .......... …
a. Pertambahan penduduk seperti deret ukur
b. Pertambahan penduduk seperti deret hitung
c. Pertambahan penyediaan kebutuhan seperti deret ukur
d. Pertambahan penduduk sulit diukur

6. Revolusi hijau adalah .............…
a. Usaha pengembangan teknologi pemanfaatan kekayaan laut
b. Usaha pengembangan penanaman tumbuhan di daerah gersang
c. Usaha pengembangan teknologi pertanian peningkatan bahan makanan
d. Usaha pengembangan perairan di daerah danau-danau

7. Revolusi biru adalah ….........
a. Usaha pengembangan teknologi pemanfaatan kekayaan laut
b. Usaha pengembangan penanaman tumbuhan di daerah gersang
c. Usaha pengembangan teknologi pertanian peningkatan bahan makanan
d. Usaha pengembangan perairan di daerah danau-danau

8. Dampak negative yang dapat ditimbulkan oleh revolusi hijau adalah …...........
a. penggunaan pupuk yang berlebihan
b. menurunnya keanekaragaman hayati
c. meningkatnya produksi makanan
d. menurunnnya penggunaan pupuk

9. Berikut ini yang bukan merupakan pemanfaatan sumber daya hayati yang tidak ramah lingkungan adalah ......
a. bom granit
b. Penangkapan ikan saat musim kawin
c. pukat harimau
d. pembuatan peternakan

10. Dibawah ini yang merupakan sumber bahan makanan yang berasal dari tumbuhan laut adalah ….....
a. ikan
b. ganggang merah
c. udang
d. cumi-cumi

11. Yang bukan merupakan dampak negatif dari irigasi adalah ….......
a. erosi tanah
b. berkurangnya debit air
c. pencemaran air
d. pengairan sawah

12. Hal posisitif dari penggunaan pupuk buatan adalah ........ …
a. Pencemaran air
b. Tumbuhan tumbuh dengan baik
c. Penyakit kanker
d. Sindrom biru pada bayi

13. Kita dapat melestarikan lingkungan hidup kita dengan cara ...........….
a. menggunakan kayu untuk pembangunan
b. mengubah lingkungan rusak menjadi subur
c. menjaga kebersihan lingkungan
d. mendaur ulang barang-barang bekas

Perhatikan pernyataan dibawah ini untuk menjawab soalnomor 14 – 17!
1. Avitaminosis 2. Ganggang hijau 3. Busung lapar
4. Malnutrisi 5. Rabies 6. Demam berdarah
7. Cacar 8. Malaria

14. Penyakit yang menyebabkan timbulnya kelemur dan celah pada mulut disebabkan oleh ….......
a. 1
b.2
c. 3
d.4

15. Penyakit yang kekurangan protein, terdapat pada pernyataan nomor …..........
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

16. Penyakit kekurangan gizi terdapat pada pernyataan …............
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

17. Penyakit yang disebabkan oleh gigitan hewan adalah …........
a. 5 dan 6
b. 6 dan 7
c.7 dan 8
d.7 dan 3

18. Bila tubuh kekurangan protein maka dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi ........…
a. ganggang merah
b. pil vitamin
c. ganggang hijau
d. udara segar

19. Yang tidak termasuk dampak positif dari mutasi genadalah .......... …
a. terciptanya bibit baru
b. terciptanya pohon yang lebih lemah
c. terciptanya bibit bagus
d. peningkatan ilmu pengetahuan

20. Perkawinan antara dua individu satu spesies yang berbeda sifat disebut …..........
a. mutasi gen
b. transplantasi gen
c. pencangkokan
d. Hibridisasi

21. Pemindahan gen dari suatu spesies ke dalam kromosom individu yang berbeda disebut …........
a. mutasi gen
b. transplantasi gen
c. pencangkokan
d. Hibridisasi

22. Salah satu cara untuk menambah luas areal pertanian adalah dengan …..............
a. pembukaan areal hutan
b. peminimalan pembangunan jalan
c. pembangunan berapartemen
d. menggusur pemukiman warga

Perhatikan pernyataan berikut untuk menjawab soal nomor 23-25 !
1. ISPA 2. SARS 3. Malaria 4. AIDS

23. Penyakit yang menyerang kekebalan tubuh akibat pencemaran adalah …..............
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4


24. Menurut pernyataan diatas, manakah penyakit yang disebabkan oleh virus ?
a. 1dan 2
b. 2 dan 3
c. 2 dan 4
d. 3 dan 4

25. Menurut pernyataan diatas, penyakit yang tersebar melalui virus udara dinyatakan oleh nomor …
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

26. Organisasi yang mengurus program lingkungan adalah …
a. UNEP
b. UNES
c. UNESCO
d. PBB

Perhatikan pernyataan berikut iniuntuk soal nomor 27 – 30 !
1. Rabies 2. SARS 3. Gangguan saraf
4. Radang otak 5. infeksi pers 6. Flu burung

27. Demam, berkeringat, salvias, lakrimasi dan kejang otot pernapasan merupakan ciri-ciri orang yang terserang penyakit ............…
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

28. Binatang musang dan kecoak diduga menyebarkan penyakit …...........
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

29. Binatang babi mengakibatkan seseorang terserang penyakit …............
a. 1 dan 2
b. 5 dan 6
c. 3 dan 4
d. 1 dan 5

30. Nama penyakit yang disebarkan oleh kutu yang menempel di tubuh tikus kemudian menggigit manusia ditunjukan pada nomor ….............
a. 1
b. 3
c. 5
d. 6

B. Essay

1. Jelaskan mengapa penggunaan pupuk buatan dapat menyebabkan penyakit kanker!
2. Sebutkan dan jelaskan akibat dari adanya perluasan wilayah pertanian!
3. Mengapa orang yang terkena penyakit busung lapar perutnya menggembung?
4. Jelaskan bagaimana cara untuk melakukan transplantasi gen!
5. Jelaskan pengertian emigrasi dan berilah contohnya!

LKS LIMBAH DAN DAUR ULANG
Topik : Jenis-jenis Limbah dan Daur Ulang Limbah
Tujuan : siswa mampu menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah
Alat dan Bahan:
• Alat tulis
• Kertas
• Kamera
Langkah Kerja
1. Tentukan lokasi observasi sesuai dengan tugas tiap kelompok (rumah, sekolah, pasar dan sungai)
2. Setiap kelompok melakukan kegiatan pengamatan di masing-masing lokasi yang telah ditentukan. Kegiatan pengamatan dilakukan selama 2 hari
3. Kumpulkan data tentang jenis sampah yang ada di lokasi pengamatan. Kelompokkanlah jenis sampah tersebut berdasarkan kriteria berikut ini:
a. Limbah organik
b. Limbah anorganik
c. Limbah yang dapat di daur ulang
4. Masukkan data hasil pengamatan tersebut ke dalam lembar hasil pengamatan yang telah disediakan
5. Identifikasilah cara-cara yang dilakukan oleh masyarakat di sekitar lokasi pengamatan untuk mengatasi limbah tersebut
6. Carilah informasi dari berbagai sumber (literatur, koran, majalah, dll) tentang limbah golongan B3 (berbahaya) dan dampaknya bagi manusia dan ekosistem
7. Lengkapi hasil observasi dan pencarian informasi kalian dengan gambar/foto
8. Laporkan hasil observasi dan pencarian informasi kalian dalam bentuk jawaban Lembar Kerja Siswa (LKS) dan presentasi
LEMBAR HASIL PENGAMATAN
Lokasi pengamatan : ………………………………………………….
Tanggal Pengamatan : ………………………………………………….
Kelompok : ………………………………………………….
No Nama Limbah Keterangan
Organik Anorganik Dapat di daur ulang

Jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Dari hasil pengamatan kalian, jelaskan cara-cara yang dilakukan oleh masyarakat di sekitar lokasi pengamatan untuk mengatasi limbah tersebut
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2. Sebutkan macam limbah yang tergolong limbah B3 (berbahaya)
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3. Apakah dampak limbah golongan B3 (berbahaya) bagi manusia dan ekosistem?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. Apa saja kriteria kualitas limbah yang dapat digunakan sebagai parameter polutan? Jelaskan
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5. Buatlah refleksi diri tentang usaha yang telah kalian lakukan untuk mengatasi limbah yang ada di rumah dan lingkungan kalian serta buatlah usulan usaha untuk mengatasi limbah tersebut (kerjakan secara individual dan sertakan dalam laporan)
Topik :Membuat Produk daur Ulang Limbah
Tujuan : siswa mampu membuat suatu produk baru dari hasil daur ulang limbah yang ditemukan di lingkungan sekitar
Langkah Kerja:
1. Tentukan produk daur ulang limbah yang akan kamu buat
2. Tentukan bahan limbah rumah tangga yang kamu gunakan sebagai bahan dasar untuk membuat produk tersebut!
3. Tentukan alat dan bahannya!
4. Tuliskan langkah kerja dalam membuat produk tersebut!
5. Apa manfaat dari produk daur ulang limbah yang kamu buat?
6. Susunlah hasil kegiatan kalian dalam laporan terstruktur dan kumpulkan produk yang telah kalian hasilkan!
LKS PENCEMARAN UDARA

Perhatikan gambar di atas!
Gunakan literatur yang sesuai untuk menjawab pertanyaan di bawah ini!
1. Deskripsikan gambar di atas!
2. Faktor apa sajakah yang mengakibatkan pencemaran tersebut?
3. Bagaimanakah dampak pencemaran udara tersebut bagi makhluk hidup disekitarnya?
4. Bagaimankah solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut?
5. Diskusikan dengan teman kelompokmu, kemudian presentasikan hasilnya di depan kelas!
imaginasi


• Gambar tersebut adalah asap yang dikeuarkan oleh pabrik yang disebarkan secara langsung ke udara. Asap pabrik tersebut begitu hitam dan kadar yang tinggi.
Faktor yang menyebabkan pencemaran udara adalah:
1. Asap pabrik pabrik yang mengeluarkan berbagai gas beracun seperti CO, CO, sulfur oksida, dan sulfur dioksida.
2. Gas buangan kendaraan bermotor yang mengandung sulfur dioksida dan nitrogen monoksida.
3. Pendingin ruangan, lemari es yang menggunakan CFC.
4. Pencemaran udara dapat mengakibatkan terganggunya kehidupan mahluk hidup akibat keracunan berbagai gas beracun, dampak jangka panjangnya adalah adanya pemanasan global akibat efek rumah kaca yang dapat mengganggu keseimbnagan lingkungan, serta adanya hujan asam yang dapat mematikan tumbuhan.
Solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah
• Dengan adanya UU dari pemerintah agar industri tidak membuang asapnya secara langsung ke udara melainkan dengan melakukan penyaringan asap terlebih dulu sebelum di buang.
• Dengan tidak menggunakan /mengurangi produk-produk yang menggunakan CFC atau mengganti bahan CFC
• Serta meningkatkan tekhnologi ramah lingkngan yang dapat mengurangi kadar pencemaran udara misalnya tidak lagi menggunakan bahan bakar fossil melainkan memanfaatkan tenaga surya atau lainnya.
• Menggalakkan penanaman pohon untuk mengurangi polusi udara., 1 siswa 1 pohon aply (done)
LKS PENGARUH POLUSI AIR PADA IKAN
Topik : Pengaruh Air yang Tercemar Detergen Terhadap Gerak Operkulum Ikan sepat.
Tujuan : Siswa dapat menjelaskan pengaruh keberadaan detergen dalam air terhadap gerak operkulum ikan sepat.
Alat dan Bahan:
• 
• 
• sendok
• Air
• Detergent
• Ikan sepat
Langkah Kerja:
1. sediakan 2 buah stoples (stoples A dan B) kemudian isi dengan air bersih dengan volume yang sama (misalnya hingga 2/3 bagian).
2. tambahkan ½ sendok teh detergen bubuk ke dalam stoples B dan aduk hingga merata. Jangan tambahkan bahan pencemar ke dalam stoples A.
3. masukkan masing-masing satu ekor ikan sepat ke dalam stoples A dan B (usahakan kedua ikan tersebut memiliki ukuran yang sama sehingga diasumsikan umur keduanya sama). Biarkan terlebih dahulu selama 3 menit agar ikan beradaptasi.
4. masing-masing (secara bersamaan) hitung gerak operkulumnya per menit, sebanyak 5 kali ulangan lalu buat masing-masing reratanya (rerata 1).
Rerata gerak operkulum ikan A.........kali
Rerata gerak operkulum ikan B.........kali
5. masukkan lagi ½ sendok teh bubuk detergen ke stoples B. Aduk hingga merata, biarkan selama 3 menit.
6. masing-masing (secara bersamaan) hitung gerak operkulumnya per menit, sebanyak 5 kali ulangan lalu buat masing-masing reratanya (rerata 2).
Rerata gerak operkulum ikan A.........kali
Rerata gerak operkulum ikan B.........kali
7. masukkan lagi ½ sendok teh bubuk detergen ke stoples B. Aduk hingga merata, biarkan selama 3 menit.
8. masing-masing (secara bersamaan) hitung gerak operkulumnya per menit, sebanyak 5 kali ulangan lalu buat masing-masing reratanya (rerata 3).
Rerata gerak operkulum ikan A.........kali
Rerata gerak operkulum ikan B.........kali
9. masukkan data hasil pengamatan ke dalam tabel di bawah ini
Tabel : Rerata Frekuensi Gerak Operkulum ikan setelah diberi bahan pencemar
Ikan Rerata 1 Rerata 2 Rerata 3
Toples A
Toples B
Bahan Diskusi
1. bandingkan seluruh rerata gerak operkulum ikan sepat di stoples A dan B, sama ataukah berbeda? Mengapa demikian?
2. buatlah grafik yang menunjukkan hubungan antara kadar bahan pencemar dengan jumlah rerata gerak operkulum ikan!
3. ramalkan berdasarkan grafik yang telah dibuat pada no 2, apa yang terjadi jika kadar bahan pencemar ditingkatkan terus!
Dari kegiatan di atas, susunlah laporan ilmiah dengan susunan sebagai berikut :
1. Judul
2. Rumusan Masalah
3. Tujuan
4. Hipotesis
5. Variabel
6. Alat dan Bahan
7. Cara Kerja
8. Data Hasil Pengamatan
9. Analisis Data(dengan grafik hubungan kadar pencemar dengan banyaknya gerak operkulum ikan) dan Pembahasan
10. Kesimpulan
11. Sumber Pustaka
LKS PENCEMARAN AIR
Perhatikan Gambar
Gunakan literatur yang sesuai untuk menjawab pertanyaan di bawah ini!
1. deskripsikan gambar di atas!
2. faktor apa saja yang mengakibatkan pencemaran tersebut?
3. bagaimanakah dampak pencemaran air tersebut bagi makhluk hidup yang terdapat di dalamnya?
4. bagaimanakah solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut?
5. diskusikan dengan teman kelompokmu, kemudian presentasikan hasilnya di depan kelas!
imaginasi

• Gambar tersebut merupakan gambar pencemaran air yang terdapat di sungai. Pencemaran tersebut diakibatkan oleh sampah-sampah yang dibuang ke sungai baik berupa sampah plastik maupun limbah yang ditunjukkan dengan warna air yang tidak lagi jernih.
1. Faktor yang menyebabkan pencemaran tersebut adalah:
• Limbah rumah tangga yang berupa sampah-sampah plastik, botol-botol plastik, kayu, serta sisa detergen.
• Limbah industri yang dibuang kesungai tanpa pengolahan terlebih dulu.
• Limbah pertanian, yaitu dari pestisida yang kemudian dialirkan ke sungai.
• Dampak pencemaran air adalah mengganggu kehidupan makhluk hidup di dalamnya. Terjadinya eutrofikasi mengakibatkan berkurangnya kadar oksigen, serta mengganggu keseimbnagn ekosistem yang terdapat di dalamnya.
• Solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah:
• Secara edukatif, yaitu dengan melakukan penyuluhan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai, serta dampak yang akan diterima dengan membuang sampah di sungai.
• Secara tekhnologi yaitu dengan melakukan pengolahan limbah hasil industri sebelum dibuang ke sungai.
• Dengan melakukan kerjabakti untuk membersihkan sungai tersebut dari berbagai sampah.


Pencemaran Tanah

• Pencemaran tanah akibat dibuangnya limbah yang samasekali belum di proses terlebih dulu di atasnya.
• Faktor yang menyebabkan pencemaran tersebut adalah:
1. Limbah rumah tangga yang berupa sampah-sampah plastik, botol-botol plastik, kayu, serta sisa detergen.
2. Limbah industri yang dibuang tanpa pengolahan terlebih dulu yang mencemari tanah.
3. Limbah pertanian, yaitu dari pestisida serta pupuk yang berlebihan mengakibatkan tanah menjadi asam.
• Dampak pencemaran tanah:
• Adanya berbagai sampah mengakibatkan hidupnya berbagi bakteri penyebab penyakit yang mengganggu kehidupan organisme tanah lainnya, serta menurunkan kualitas air tanah.
• Adanya limbah pertanian misalnya DDT yang tidak bisa diuraikan dapat membahayakan organisme tanah yang dapat menyuburkan tanah. Akibatnya kesuburan tanah menurun.
Solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah:
• Secara edukatif, yaitu dengan melakukan penyuluhan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat, harus membuang sampah di tempat sampah
• Secara tekhnologi yaitu dengan melakukan pengolahan limbah hasil industri sebelum dibuang.
• Dengan melakukan pengolahan sampah menjadi barang yang berguna, sehingga sampah tersebut tidak dibuang di sembarang tempat.
LKS POLUSI UDARA DAN AIR

Perhatikan Gambar Polusi Semburan Lumpur Lapindo Sidoarjo Jatim seksama!
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan menggunakan literatur yang sesuai!
1. Berdasarkan gambar tersebut ekosistem apa sajakah yang terdapat di sekitar lokasi semburan lumpur panas Lapindo?
2. bagaimana pengaruh semburan lumpur tersebut bagi ekosistem yang terdapat di sekitar lokasi semburan lumpur tersebut?
3. dampak apa sajakah yang dapat dirasakan masyarakat akibat semburan lumpur tersebut, adakah pengaruhnya terhadap kondisi perekonomian Indonesia?
4. salah satu solusi yang diusulkan adalah dengan membuang lumpur tersebut ke dalam laut. Setujukah kalian dengan solusi tersebut? masalah apasajakah yang akan timbul jika lumpur tersebut dibuang ke laut?
5. diskusikan dengan kelompok kalian untuk menjawab pertanyaan tersebut!
imajinasi

• Ekosistem yang terganggu akibat bencana luapan Lumpur Sidoarjo adalah ekosistem darat yang meliputi lingkungan tempat tinggal penduduk yang terdapat disekitar lokasi luapan Lumpur, ekosistem sungai, serta ekosistem ladang/sawah yang terdapat di sekitar lokasi. Dala ekosistem tersebut terdapat berbgai jenis organisme mulai dari manusia, berbagai jenis hewan serta tumbuh-tumbuhan.
• Kejadian bencana luapan Lumpur lapindo Brantas sangat mengganggu ekosistem yang terdapat di dalamya. Keseimbangan ekosistem hilang dengan hilangnya komponen-kompenen penyunsun ekosistem, selaian itu banyak organisme yang tinggal di dalamnya juga tidak bias mempertahankan diri akibatnya semua kehidupan ekosistem di sekitar lokasi hancur dan berubah.
• Dampak yang dirasakan masyarakat sangat besar baik dampak di bidang ekonomi, pendidikan, social dan budaya masyarakat. Dampak dibidang ekonomi, semua perekonomian lumpuh total dan banyak kerugian yang disebabkan oleh peristiwa tersebut. rusaknya sarana infrastruktural seperti jalan, ladang dan berbagai industri yang terdapat di sekitar lokasi kejadian membuat perekonomian masyarakat lumpuh. Di bidang sosial rusaknya tempat tinggal membuat warga dari berbagai golongan harus mengungsi yang berakibat berubahnya kehidupan sosial mereka. Di bidang pendidikan, dengan rusaknya sarana prasarana pendidikan seperi gedung-gedung sekolah akibatnya segala kegiatan di bidang pendidikan tidak bisa dilaksanakan.
• Dengan membuang lumpur ke laut akan mematikan organisme yang terdapat di laut, akibatnya keseimbangan lingkungan akan terganggu dan dampaknya ekosistem laut akan hancur.
LKS SIKLUS KARBON
LKS SIKLUS KARBON

Perhatikan gambar di atas!
Gunakan literatur yang sesuai untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan di bawah ini!
1. Deskripsikan gambar di atas dengan bahasamu sendiri!
2. Jelaskan komponen-komponen yang berperan dalam siklus karbon dan oksigen di atas!
3. Analisis proses-proses yang terjadi dalam satu siklus karbon dan oksigen!
4. Apa yang akan terjadi jika salah satu komponen dalam siklus tersebut terganggu atau bahkan musnah? Analisis kemungkinan yang dapat terjadi!
catatan
• Siklus karbon adalah siklus biogeokimia dimana karbon dipertukarkan antara biosfer,hidrosfer,geosfer dan atmosfer bumi.
• Karbon dapat kembali ke atmosfer dengan cara.
1. Melalui pernapasan(respirasi) oleh tumbuhan dan hewan.
2. Melalui pembusukan binatang oleh bakteri.
3. Melalui pembakaran material organic yang mengoksidasi karbon yang terkandung menghasilkan karbondioksida.
4. Laut mempunyai peranan penting pada siklus karbon bumi.
Faktor yang mempengaruhi siklus karbon diperairan adalah :
1. Kadar PH di laut
2. Penguapan air laut
3. Pelapukan batuan
4. Gunung merapi bawah laut
5. Difusi CO2 di udara
6. Pelarutan batuan Carbonat
7. Fitoplankton sebagai penyerap karbon
8. Peran karbon dioksida di perairan laut
9. Pembentukan cangkang pada hewan laut
LKS SIKLUS AIR

Perhatikan gambar di atas!
Gunakan literatur yang sesuai untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan di bawah ini!
1. Deskripsikan gambar di atas dengan bahasamu sendiri!
2. Jelaskan komponen-komponen yang berperan dalam siklus air di atas!
3. Analisis proses-proses yang terjadi dalam satu siklus air!
4. Apa yang akan terjadi jika salah satu komponen dalam siklus tersebut terganggu atau bahkan musnah? Analisis kemungkinan yang dapat terjadi!
INTERAKSI DALAM EKOSISTEM SMP
Interaksi antarmakhluk hidup dalam ekosistem.
Materi :
Ekosistem
Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik dan saling ketergantungan antara
makhluk hidup dengan lingkungannya.
Difinisi singkat --> Ekologi adalah ilmu yang mempelajari ekosistem.
Sumber energi utama dalam suatu ekosistem adalah sinar matahari.
Biosfer adalah lapisan permukaan bumi dan atmosfernya yang dihuni oleh makhluk hidup.
Ada beberapa satuan makhluk hidup dalam ekosistem, yaitu :
1. individu, yaitu satuan terkecil makhluk hidup
2. populasi, yaitu kumpulan individu sejenis yang mengadakan interaksi pada suatu wilayah tertentu
3. komunitas, yaitu kumpulan makhluk hidup antar populasi yang mengadakan interaksi.
4. Ekosistem
Ekosistem ada 2 :
a. Ekosistem alami : danau, laut, sungai, dll
b. Ekosistem buatan : kolam, akuarium, sawah, dll
Ekosfer adalah lapisan bumi yang di dalamnya terdapat interaksi antara componen biotik dan abiotik.
Biosfer adalah lapisan permukaan bumi dan atmosfer yang dihuni oleh seluruh makhluk hidup.
Habitat adalah tempat hidup suatu makhluk hidup
Nisia adalah peranan makhluk hidup di habitatnya.
Dengan adanya nisia dapat menghindari terjadinya kompetisi antar spesies
Ada 2 komponen penyusun ekosistem, yaitu
1. komponen biotik, yang meliputi (1) producen, sebagai penghasil bahan organik, (2) konsumen tingkat
I, consumen yang memakan producen (3) consumen tingkat II, konsemen yang memakan consumen
tingkat I, (4) consumen puncak, consumen tingkat terakhir, dan (5) dekomposer, menguraikan bahan
organik menjadi anorganik
2. komponen abiotik, yang meliputi CO2, H2O, O2, tanah, suhu, kelembaban, cahaya matahari, dan
ruangan.
Rantai makanan adalah peristiwa memakan dan dimakan dengan urutan tertentu.
Contoh :
Ulat --> burung prenjak --> burung rajawali --> bakteri
Tumbuhan dimakan ulat, ulat dimakan burung prenjak, burung prenjak di makan burung rajawali.
Keterangan :
1. Tumbuhan bertindak sebagai produsen
2. Ulat bertindak sebagai konsumen tingkat I
3. Burung prenjak bertindak sebagai konsumen tingkat II
4. Burung Rajawali bertindak sebagai konsumen tingkat III --> konsumen puncak
5. Bakteri bertindak sebagai decomposer / pengurai
Jaring-jaring makanan adalah kumpulan beberapa rantai makanan yang saling berhubungan.
Perhatikan jaring-jaring makanan di bawah ini :
Piramida makanan adalah bentuk piramida yang menggambarkan susunan terjadinya perpindahan
aliran energi dari produsen hingga konsumen tertinggi dalam ekosistem.
Perhatikan Piramida makanan di bawah ini :
Ekosistem akan seimbang jika komposisi penyusun ekosistem tersebut seimbang.
Eksosistem yang seimbang akan dapat bertahan lama, walaupun demikian ekosistem juga dapat
terganggu. Untuk mengatasi gangguan tersebut, ekosistem yang seimbang memiliki daya lenting. Jadi
daya lenting adalah kemampuan ekosistem untuk menuju keseimbangan ekosistem.
Berdasarkan kemampuan kemampuan menyusun bahan organik, organisme penyusun ekosistem ada 2,
yaitu
1. autotrof, yaitu makhluk hidup yang dapat menyusun zat anorganik menjadi organik melalui proses
fotosintesa atau kemosintesis, contohnya semua tanaman hijau
2. heterotrof, yaitu makhluk hidup yang tidakdapat menyusun zat anorganik menjadi organik sehingga
untuk mendapatkan makanannya dengan cara memakan organismo lain, yang meliputi herbivora
(camping, sapi) , karnívora (elang, singa), omnivora (manusia, monyet), scavenger (burung nasar), dan
detritivor (rayap, cacing)
POLUSI DAN USAHA PELESTARIAN
Pencemaran dan kerusakan lingkungan.
Materi :
Pencemaran Lingkungan
Pencemaran lingkungan dapat dibedakan menjadi 4, yaitu tanah, suara, air, & udara.
1. Pencemaran tanah, yaitu masuknya polutan berupa bahan cair atau padat yang masuk ke dalam tanah.
2. Pencemaran suara, dapat ditanggulangi dengan membuat dinding kedap suara, menanam tanaman di sekitar rumah, tidak membuat kegaduhan
3. Pencemaran air, yaitu masuknya polutan berupa bahan cair atau padat yang masuk ke dalam air.
4. Pencemaran udara, yaitu adanya polutan di udara
Dampak dari pencemaran air adalah
1. punahnya organisme air
2. ikan yang tercemar dapat meracuni orang yang memakannya

Cara penanggulangan pencemaran air, meliputi :
1. Tidak membuang limbah cair ke sungai
2. Tidak membuang sampah di sembarang tempat
3. Tidak membuang sisa obat ke sungai.
Pencemaran udara, dapat diakibatkan oleh :
1. Gas hasil pembakaran, meningkatnya karbondioksida di udara dapat menyebabkan efek rumah kaca, yang kemudian dapat mengakibatkan pemanasan global.Meningkatnya belerag dioksida dapat mengakibatkan hujan asam, sebab gas tersbut bereaksi dengan air membentuk asam sulfat.
2. Gas CFC (chlorofluorocarbon), gas ini banyak digunakan untuk gas pengembang busa, AC dan lemari es. CFC dapat bereaksi dengan ozon, sehingga ozon dapat berkurang.
Upaya penanggulangan pencemaran udara berupa :
1. Ditingkat rumah tangga --> dapat berupa tidak membakar sampah di pekarangan, tidak menggunakan lemari es, tidak merokok di dalam ruangan.
2. Ditingkat wilayah --> dapat berupa reboisasi, memelihara tanaman kota, tidak menebang hutan secara liar.
3. Ditingkat nasional, dapat berupa larangan insektisida berbahaya, keharusan membuat cerobong asap pada pabrik, lokasi industri yang jauh dari lingkungan
Kegiatan berwawasan lingkungan dapat berupa :
1. Perlombaan berwawasan lingkungan
2. Pemanfaatan ulang dan daur ulang
3. Penghijauan dan pembersihan lingkungan
Usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup.
Materi :
Perlindungan Keanekaragaman Hayati
Perlindungan keanekargaman hayati dapat dilakukan dengan cara :
1. Cagar Alam, yaitu perlindungan alam dengan membiarkan ekosistem dalam suatu wilayah apa adanya yang bertujuan untuk melindungi ciri khas tumbuhan, hewan dan ekosistem alam. Contohnya cagar alam Pangandaran.
2. Taman Nasional, bertujuan untuk melindungi flora, fauna dan ekosistemnya untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, budaya dan rekreasi alam. Contohnya taman nasional Bogor, taman nasional Suka Bumi, dan taman nasional bukit barisan
3. Hutan Wisata, yi hutan produksi yg jg untuk objek wisata.
4. Taman Laut, merupakan wilayah lautan yang memiliki keanekaragaman laut tinggi, unik dan indah. Contohnya taman laut Bunaken di Sulawesi Utara.
5. Hutan Lindung, berfungsi sebagai daerah resapan air.
6. Kebun Raya, yaitu kebun buatan yang berguna untuk menghimpun tumbuhan dari berbagai tempat untuk dilestarikan. Contonhya kebun raya Bogor.
Berdasarkan pada tempat pemeliharaannya ada 2 pemeliharaan, yaitu
1. Pemliharaan in situ, yaitu pemeliharaan hewan atau tumbuhan di habitat aslinya. Contohnya memelihara ikan di suatu danau.
2. Pemeliharaan ex situ, yaitu pemeliharaan hewan atau tumbuhan di luar habitat aslinya, Namun kondisinya diusahakan sama dengan habitat aslinya. Contohnya jalak bali berhasil di tangkar baru kemudian dilepas di habitat aslinya.
Kita dapat membantu melestarikan keanekaragaman makhluk hidup dengan cara :
1. Tidak membunuh hewan dan tumbuhan liar
2. Tidak membuang sampah sembarangan

No comments:

Post a Comment